SILABUS
Satuan
Pendidikan : SMK Widya Praja
Mapel : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Tahun
Ajaran : 2016-2017
Kompetensi
Inti :
KI
1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI
2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI
3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
TEKS PANTUN
|
|||||||||
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan
aakan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
1.2.1 Menggunakan
Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam
bentuk lisan.
1.2.2Menggunakan
bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah
dalam bentuk tulis
|
|
|
1 Sikap
Religius
·
Observasi
Instrumen:
1.Lembar observasi
|
|
|
|||
2.1
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial,
lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik.
|
2.1.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian dalam teks cerpen
2.1.2
Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
dalam teks cerpen
2.1.3Menunjukkan perilaku santun dalam
menanggapi hal-hal atau kejadian dalam teks cerpen
|
|
|
2. Sikap
Sosial
· Observasi
Instrumen:
1. Lembar
observasi
|
|
|
|||
3.1Memahami
struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan maupun
tulisan.
|
3.1.1
Menjelaskan struktur pantun
3.1.2
Mengidentifikasi ciri-ciri teks pantun
3.1.3
Mengidentifikasi kaidah teks pantun
4.1.1
Menjelaskan isi dalam teks pantun
4.1.2
Menjelaskan makna kata, ungkapan, istilah dalam teks pantun
|
·
Pengenalan struktur
teks pantun
·
Pengenalan ciri-ciri
teks pantun
·
Pengenalan kaidah teks
pantun
·
Pemahaman isi teks
pantun
·
Makna kata, istilah,
ungkapan dalam teks pantun
|
Mengamati:
1)
Siswa membaca teks pantun yang telah diberikan oleh guru
2)
Siswa mencermati struktur teks pantun
3)
Siswa mencermati ciri-ciri teks pantun
4)
Siswa mencermati kaidah teks pantun
Menanya
1)
Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan makna
atau isi pantun
2)
Siswa dan guru bertanya jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan makna
kata, istilah, dan ungkapan dalam teks pantun
Mengumpulkan
Informasi
1)
Siswa dibentuk kelompok 4-5 orang diminta untuk mencari materi yang berkait
dengan struktur, ciri-ciri, dan kaidah kebahasaan dalam teks pantun dari
berbagai sumber.
2)
Siswa bersama kelompoknya mencari materi yang berkait dengan makna kata,
ungkapan, dan istilah dalam teks pantun dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
1)Siswa
bersama kelompoknya mendiskusikan tentang struktur ,
ciri-ciri, dan kaidah teks pantun
2)
Siswa bersama kelompoknya menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan
kaidah teks pantun
Mengomunikasikan
1)
Siswa bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya berkait dengan
struktur, ciri-ciri, kaidah teks pantun.
2)
Siswa lain yang tidak presentasi memberikan tanggapan.
3)
Siswa diminta untuk menginterpretasikan makna dalam teks pantun baik secara
lisan maupun tulisan.
|
Pemahaman:
Teknik: Tes Tertulis
Instrumen: Tes pilihan ganda dan tes uraian
(terlampir)
Keterampilan:
Teknik: tes tertulis
Instrumen: Proyek (terlampir)
|
4
mggu x 4 JP
|
· Buku Pegangan
Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI
· Internet
|
|||
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik
secara lisan maupun tulisan.
|
|||||||||
3.2
Membandingkan teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan maupun
tulisan
|
3.2.1
Menentukan struktur dua buah teks pantun yang
berbeda
3.2.2
Menentukan kaidah dua buah teks pantun yang
berbeda
3.2.3
Membandingkan struktur dan kaidah dua teks pantun
yang berbeda
4.2.1
Menentukan topik teks pantun
4.2.2
Merumuskan menuliskan
bagian-bagian teks pantun
4.2.3
Merangkai bagian-bagian teks yang pantun menjadi
sebuah teks pantun yang utuh
|
· Stuktur dan
Kaidah Teks pantun
· Struktur dan
Kaidah Teks Gurindam
· Struktur dan
Kaidah Teks Syair
· Struktur dan
Kaidah Teks Puisi
· Teknik
penulisan teks pantun
|
PERTEMUAN
PERTAMA
Mengamati:
1.
Peserta
didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara
mengamati serta membaca referensi contoh teks
pantun pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 67 “Rasa
sayange” dan teks pantun lisan (you tube)
https://www.youtube.com/watch?v=3hQg8_yxjjQ yang sesuai dengan fenomena di
masyarakat
Menanya
1.
Peserta
didik bertanya mengenai hal-hal yang kurang dipahami kepada guru
Mencoba
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
PERTEMUAN KEDUA
Mengamati:
1.
Peserta
didik menyimak materi yang diberikan oleh guru mengenai cara-cara memproduksi
teks pantun melalui media power point
Menanya
2.
Peserta
didik bertanya mengenai hal-hal yang kurang dipahami kepada guru
Mencoba
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
|
Pemahaman:
Teknik:
Tes tertulis
Instrumen:
Pilihan ganda dan uraian (terlampir)
Keterampilan:
Teknik:
Tes Tertulis (terlampir)
Instrumen:
Proyek (terlampir)
|
4 minggu x 4 JP
|
· Buku Pegangan
Bahasa Indonesia siswa kelas XI
·
Internet
|
|||
4.2
Memproduksi teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||||||
3.3
Menganalisis teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan maupun
tulisan
|
3.3.1
Menelaah isi teks pantun
3.3.2
Menelaah keberan struktur teks pantun
3.3.3
Menganalisis penggunaan kaidah kebahasaan teks pantun
4.3.1
Menyunting aspek bahasa: ejaan, pilihan kata, dan bait dalam teks pantun
4.3.2
Menyunting isi : kebenaran konsep dan kelengkapan materi dalam teks pantun
4.3.3Menyunting
struktur dan kaidah teks pantun
|
· Teks pantun
· Cara
menyunting teks pantun
|
Mengamati
1)
Siswa membaca teks pantun
2)
Siswa struktur dan kaidah teks pantun
Menanya
1)
Siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kebenaran isi teks pantun
2)
Siswa menanyakan hal-hal yang berkait dengan menyunting teks pantun
Mengumpulkan
Informasi
1)
Siswa dibentuk kelompok 4-5 orang
diminta untuk mencari informasi berkait dengan cara analisis isi teks
pantun
2)
Siswa bersama kelompoknya mencari informasi berkait dengan penyuntingan teks
pantun
Mengasosiasi
1)
Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan hal-hal yang berkait dengan analisis
teks pantun dan penyuntingan teks pantun
2)
Siswa bersama kelompoknya menyimpulkan hasil diskusinya yang berkait dengan analisis
dan penyuntingan teks pantun
Mengomunikasikan
1)
Siswa bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
2)
Siswa lain yang tidak presentasi memberikan tanggapan.
3)
Siswa diminta untuk menyunting teks pantun sesuai dengan kaidah dan struktur
teks pantun baik secara lisan maupun tulisan
|
Pemahaman:
Teknik:
Tes Tertulis
Instrumen:
uraian
(terlampir)
Keterampilan:
Teknik:
Tes Tertulis
Instrumen:
Proyek (terlampir)
|
4
mggu x 4 jp
|
· Buku Pegangan
Bahasa Siswa kelas XI
· Internet
|
|||
4.3
Menyunting teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, an film atau drama baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||||||
3.4
Mengevaluasi teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan maupun
tulisan.
|
3.4.1
Menilai isi teks pantun
3.4.2
Menilai kesesuaian struktur teks pantun
3.4.3
Menilai kesesuaian kaidah teks pantun
4.4.1
Menentukan pokok-pokok teks pantun
4.4.2
Menyusun pokok-pokok teks menjadi bait-bait dalam pantun
4.5.1Menentukan
topik teks pantun
4.5.2
Menyusun bagian-bagian teks pantun
4.5.3
Menyusun rangkaian teks menjadi bait-bait pantun yang utuh dan padu
|
·
Teks pantun
·
Abstraksi teks pantun
·
Evaluasi struktur isi dan kaidah kebahasaan teks
pantun
·
Langkah-langkah mengonversi teks pantun menjadi
teks cerpen
|
Mengamati
1)
Siswa membaca teks pantun
2)
Siswa mencermati struktur dan kaidah teks pantun
Menanya
1)
Siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pokok-pokok teks pantun
2)
Siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara mengabstraksi dan
mengonversi teks pantun
Mengumpulkan
Informasi
1)
Siswa dibentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang diminta untuk mencari
informasi yang berkait dengan penulisan teks pantun dengan struktur dan
kaidah yang benar dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
1)
Siswa bersama kelompoknya berdiskusi tentang kaidah penulisan teks pantun
2)
Siswa bersama kelompoknya menyimpulkan hasil diskusinya yang berkait dengan
kaidah penulisan teks pantun.
Mengomunikasikan
1)
Siswa bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
2)
Siswa lain yang tidak presentasi memberikan tanggapan.
3)
Siswa diminta untuk engabstraksi teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan
4)
Siswa diminta untuk mengonversi teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan
|
Pemahaman:
Teknik:
Tes tertulis
Instrumen:
uraian (terlampir)
Keterampilan:
Teknik:
tes tertulis
Instrumen:
proyek (terlampir)
|
4
mgg x 4 JP
|
· Buku Pegangan
Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI
· Internet
|
|||
4.4
Mengabstraksi teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan maupun
tulisan.
|
|||||||||
4.5
Mengonversi teks cerita pendek, pantun,
cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan
maupun tulisan.
|
|||||||||
No comments:
Post a Comment