10/27/2016

SILABUS Cerpen Kls X1 SMK



SILABUS
Satuan Pendidikan      : SMK Widya Praja
Mapel                          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XI
Tahun Ajaran              : 2016-2017
Kompetensi Inti          :

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
TEKS CERITA PENDEK
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa


1.1.1 Menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk lisan.
1.1.2 Menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk tulis.










1.      Sikap Religius
·         Observasi
Instrumen:
1.Lembar observasi (terlampir)



2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik.













2.1.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam  menanggapi hal-hal atau kejadian dalam teks cerita pendek
2.1.2 Menunjukkan perilaku santun dalam menanggapi hal-hal atau kejadian dalam teks cerita pendek
2.1.3Menunjukkan perilaku proaktif dalam menanggapi hal-hal atau kejadian dalam teks cerita pendek



2. Sikap Sosial
·     Observasi
Instrumen:
1. Lembar observasi (terlampir)



1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan aakan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
1.2.1 Menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk lisan.
1.2.2Menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam  bentuk tulis


1 Sikap Religius
·     Observasi
Instrumen:
1.Lembar observasi (terlampir)


2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik



 2.2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal yang berkait dengan isi teks cerita pendek.
2.2.2 Menunjukkan perilaku peduli dalam menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita pendek
2.2.3 Menunjunkkan perilaku proaktif dalam menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita pendek


2. Sikap Sosial
·     Observasi
Instrumen:
Lembar Observasi (terlampir)


1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
1.3.1 Menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana komunikasi dalam kegiatan belajar teks cerita pendek baik dalam bentuk lisan.
1.3.2 Menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana komunikasi kegiatan belajar teks cerita pendek dalam bentuk tulis.



1 Sikap Religius
·     Observasi
Instrumen:
1.Lembar observasi (terlampir)



2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)



2.3.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita pendek
2.3.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal yang berkaitan dengan teks cerpen
2.3.3 Menunjukkan perilaku disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menanggapi hal-hal yang berkaitan dengan teks cerpen


2. Sikap Sosial
·     Observasi
Instrumen:
1. Lembar observasi (terlampir)



2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
2.4.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Indonesiauntuk memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita pendek
2.4.2 Menunjukkan perilaku disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan teks cerpen
2.4.3 Menunjukkan perilaku peduli dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan teks cerpen
2.4.4 Menunjukkan perilaku santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan hal-lhal yang berkaitan dengan teks cerpen.


2. Sikap Sosial
·     Observasi
Instrumen:
1. Lembar observasi (terlampir)


3.1Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan maupun tulisan.

3.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri teks cerita pendek
3.1.2 Menjelaskan struktur teks cerita pendek

3.1.3 Mengidentifikasi kaidah teks cerita pendek
4.1.1 Menjelaskan isi dalam teks cerpen
4.1.2 Menjelaskan makna kata, ungkapan, istilah dalam teks cerita pendek
·      Pengenalan ciri-ciri teks cerita pendek
·      Pengenalan struktur teks cerita pendek
·      Pengenalan kaidah teks cerita pendek
·      Pemahaman isi teks cerita pendek
·      Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks cerita pendek
Mengamati:
1) Siswa membaca teks cerpen yang telah diberikan oleh guru
2) Siswa mencermati struktur teks cerpen
3) Siswa mencermati ciri-ciri teks cerpen
4) Siswa mencermati kaidah teks cerpen
Menanya
1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan makna atau isi cerpen
2) Siswa dan guru bertanya jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam tekscerite pndek
Mengumpulkan Informasi
1) Siswa dibentuk kelompok 4-5 orang diminta untuk mencari materi yang berkait dengan struktur, ciri-ciri, dan kaidah kebahasaan dalam teks cerita pendek dari berbagai sumber.
2) Siswa bersama kelompoknya mencari materi yang berkait dengan makna kata, ungkapan, dan istilah dalam teks cerpen dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
1)Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan tentang struktur , ciri-ciri, dan kaidah teks cerita pendek
2) Siswa bersama kelompoknya menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks cerita pendek
Mengomunikasikan
1) Siswa bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya berkait dengan struktur, ciri-ciri, kaidah teks cerita pendek
2) Siswa lain yang tidak presentasi memberikan tanggapan.
3) Siswa diminta untuk menginterpretasikan makna dalam teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.

Pemahaman:
Teknik: Tes Tertulis
Instrumen: Tes Pilihan ganda dan Uraian (terlampir)

Keterampilan:
Teknik: Tes Tertulis
Intrumen: Proyek (terlampir)

8 JP
·      Buku Pegangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI.
·      Internet
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan maupun tulisan.
3.2 Membandingkan teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan maupun tulisan


 3.2.1Menentukan struktur teks cerpen dengan teks cerita pendek lainnya
3.2.2  Menentukan pokok-pokok pembeda kaidah teks cerita pendek dengan teks lainnya.
3.2.3Membandingkan struktur dan kaidah dua teks yang sejenis atau tidak sejenis
4.2.1 Menentukan topik teks cerita pendek
4.2.2 Merumuskan bagian-bagian teks cerita pendek
4.2.3 Merangkai bagian-bagian teks secara runtut, logis, sistematis sesuai kaidah yang baik dan benar
· Teks cerita pendek
· Teknik penulisan teks cerita pendek
Mengamati
1) Siswa membaca dua buah teks cerpen
2) Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua buah teks cerpen yang dibaca.
Menanya
1) Siswa bertanya tentang hal-al yang berkait dengan pokok-pokok pembeda dalam teks cerpen
2) Siswa menanyakan hal-hal yang berkait dengan isi bacaan
Mengumpulkan Informasi
1) Siswa dibentuk kelompok 4-5 orang untuk mencari informasi yang berkaitan dengan unsur-unsur pembeda teks cerpen dari berbagai sumber
Mengasosiasi
1) Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks cerpen yang telah dibaca.
2) Siswa bersama kelompoknya menyimpulkan hal-hal terpenting yang berkait dengan persamaan dan pewrbedaan dari hasil temuannya.

Mengkomunikasikan
1) Siswa bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
2) Siswa lain yang tidak presentasi memberikan tanggapan
3) Siswa diminta untuk memproduksi teks cerpen yang koheren sesuai dengan struktur dan kaidah teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan.
Pemahaman:
Teknik: Tes Tertulis
Intrumen: Tes pilihan ganda (terlampir)

Keterampilan:
Teknik: Tes Tertulis
Instrumen: Proyek (terlampir)
 8 JP
·      Buku Pegangan Bahasa Indonesia siswa kelas XI
·      Internet
4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan maupun tulisan

3.3.1 Menelaah isi teks cerita pendek
3.3.2 Mendeteksi kebenaran struktur teks cerita pendek
3.3.3 Menganalisis penggunaan kaidah kebahasaan teks cerita pendek
4.3.1 Menyunting aspek bahasa: ejaan, pilihan kata, dan bait dalam teks cerita pendek
4.3.2 Menyunting isi : kebenaran konsep dan kelengkapan materi dalam teks cerita pendek
4.3.3Menyunting struktur dan kaidah teks

·  Struktur teks cerpen
· Kaidah Kebahasaan teks cerpen
· Teks cerita pendek
· Langkah menganalisis cerpen
· Langkah menyunting teks cerita pendek

Mengamati
1) Siswa membaca teks cerpen
2) Siswa mengamati struktur dan kaidah teks cerpen

Menanya
1) Siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kebenaran isi teks cerpen
2) Siswa menanyakan hal-hal yang berkait dengan menganalisis dan menyunting teks cerpen


Mengumpulkan Informasi
1) Siswa dibentuk kelompok 4-5 orang  diminta untuk mencari informasi berkait dengan cara analisis isi teks cerpen
2)Siswa bersama kelompoknya mencari informasi berkait dengan penyuntingan teks cerpen

Mengasosiasi
1) Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan hal-hal yang berkait dengan analisis teks cerpen dan penyuntingan teks cerpen
2) Siswa bersama kelompoknya menyimpulkan hasil diskusinya yang berkait dengan analisis dan penyuntingan teks cerpen
Mengomunikasikan
1) Siswa bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
2) Siswa lain yang tidak presentasi memberikan tanggapan.
3) Siswa diminta untuk menyunting teks cerpen sesuai dengan kaidah dan struktur teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan
Pemahaman:
Teknik: Tes Tertulis
Instrumen: uraian (terlampir)

Keterampilan:
Teknik: Tes Tertulis
Instrument: Proyek (terlampir)
8JP
·      Buku Pegangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI
·      Internet
4.3 Menyunting teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, an film atau drama baik secara lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan maupun tulisan.
3.4.1 Menilai isi teks cerita pendek
3.4.2 Menilai kesesuaian struktur teks cerita pendek
3.4.3 Menilai kesesuaian kaidah teks cerita pendek
4.4.1 Menentukan pokok-pokok teks cerita pendek
4.4.2 Menyusun pokok-pokok teks menjadi paragraf dalam cerita pendek
4.5.1Menentukan topik teks cerita pendek
4.5.2 Menyusun bagian-bagian teks cerita pendek
4.5.3 Menyusun rangkaian teks menjadi bait-bait pantun yang utuh dan padu

·      Teks cerita pendek
·      Abstraksi cerita pendek
·      Evaluasi struktur isi dan kaidah kebahasaan teks cerita pendek
·      Langkah-langkah mengonversi teks cerita pendek menjadi teks puisi.
Mengamati
1) Siswa membaca teks cerpen
2) Siswa mencermati struktur dan kaidah teks cerpen
Menanya
1) Siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pokok-pokok teks cerpen
2) Siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara mengabstraksi dan mengonversi teks cerpen
Mengumpulkan Informasi
1) Siswa dibentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang diminta untuk mencari informasi yang berkait dengan penulisan teks cerpen dengan struktur dan kaidah yang benar dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
1) Siswa bersama kelompoknya berdiskusi tentang kaidah penulisan teks cerpen
2) Siswa bersama kelompoknya menyimpulkan hasil diskusinya yang berkait dengan kaidah penulisan teks cerpen
Mengomunikasikan
1) Siswa bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
2) Siswa lain yang tidak presentasi memberikan tanggapan.
3) Siswa diminta untuk engabstraksi teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan
4) Siswa diminta untuk mengonversi teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan
Pemahaman:
Teknik: Tes tertulis
Instrumen: uraian (terlampir)

Keterampilan:
Teknik: tes tertulis
Instrumen: Proyek (terlampir)
8 JP
·    Buku Pegangan Bahasa Indonesia siswa kelas XI
·    Internet
4.4 Mengabstraksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan maupun tulisan.
4.5 Mengonversi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan maupun tulisan.








No comments:

Post a Comment