SILABUS
Satuan
Pendidikan : SMK Widya Praja
Mapel : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Tahun Ajaran : 2016-2017
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
TEKS CERITA
PENDEK
|
||||||
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
1.1.1 Menggunakan
bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam
bentuk lisan.
1.1.2 Menggunakan
bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam
bentuk tulis.
|
|
|
1.
Sikap Religius
·
Observasi
Instrumen:
1.Lembar observasi (terlampir)
|
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan
kebijakan publik.
|
2.1.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab
dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
dalam teks cerita pendek
2.1.2
Menunjukkan perilaku santun dalam menanggapi hal-hal atau kejadian dalam teks
cerita pendek
2.1.3Menunjukkan
perilaku proaktif dalam menanggapi hal-hal atau kejadian dalam teks cerita
pendek
|
|
|
2. Sikap
Sosial
· Observasi
Instrumen:
1. Lembar
observasi (terlampir)
|
|
|
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan
aakan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan film/drama
|
1.2.1 Menggunakan
Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam
bentuk lisan.
1.2.2Menggunakan
bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah
dalam bentuk tulis
|
|
|
1 Sikap
Religius
· Observasi
Instrumen:
1.Lembar observasi (terlampir)
|
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan
proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
|
2.2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab
dalam menanggapi hal-hal yang berkait dengan isi teks cerita pendek.
2.2.2
Menunjukkan perilaku peduli dalam menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan
teks cerita pendek
2.2.3
Menunjunkkan perilaku proaktif dalam menyampaikan hal-hal yang berkaitan
dengan teks cerita pendek
|
|
|
2. Sikap
Sosial
· Observasi
Instrumen:
Lembar
Observasi (terlampir)
|
|
|
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
1.3.1 Menggunakan bahasa
Indonesia untuk sarana komunikasi dalam kegiatan belajar teks cerita pendek
baik dalam bentuk lisan.
1.3.2 Menggunakan
bahasa Indonesia untuk sarana komunikasi kegiatan belajar teks cerita pendek dalam
bentuk tulis.
|
|
|
1 Sikap
Religius
· Observasi
Instrumen:
1.Lembar observasi (terlampir)
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan
disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali
kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)
|
2.3.1
Menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal yang berkaitan dengan
teks cerita pendek
2.3.2
Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal yang berkaitan
dengan teks cerpen
2.3.3
Menunjukkan perilaku disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menanggapi
hal-hal yang berkaitan dengan teks cerpen
|
|
|
2. Sikap
Sosial
· Observasi
Instrumen:
1. Lembar
observasi (terlampir)
|
|
|
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan
lingkungan dan perdagangan bebas
|
2.4.1
Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Indonesiauntuk memaparkan
hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita pendek
2.4.2
Menunjukkan perilaku disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan teks cerpen
2.4.3
Menunjukkan perilaku peduli dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan teks cerpen
2.4.4
Menunjukkan perilaku santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan hal-lhal yang berkaitan dengan teks cerpen.
|
|
|
2. Sikap
Sosial
· Observasi
Instrumen:
1. Lembar
observasi (terlampir)
|
|
|
3.1Memahami
struktur dan kaidah teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan.
|
3.1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri teks cerita pendek
3.1.2
Menjelaskan struktur teks cerita pendek
3.1.3 Mengidentifikasi
kaidah teks cerita pendek
4.1.1
Menjelaskan isi dalam teks cerpen
4.1.2
Menjelaskan makna kata, ungkapan, istilah dalam teks cerita pendek
|
· Pengenalan ciri-ciri teks cerita pendek
· Pengenalan struktur teks cerita pendek
· Pengenalan kaidah teks cerita pendek
· Pemahaman isi teks cerita pendek
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks cerita pendek
|
Mengamati:
1) Siswa
membaca teks cerpen yang telah diberikan oleh guru
2) Siswa
mencermati struktur teks cerpen
3) Siswa
mencermati ciri-ciri teks cerpen
4) Siswa
mencermati kaidah teks cerpen
Menanya
1) Siswa dan
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan makna atau isi
cerpen
2) Siswa dan
guru bertanya jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan makna kata, istilah,
dan ungkapan dalam tekscerite pndek
Mengumpulkan
Informasi
1) Siswa
dibentuk kelompok 4-5 orang diminta untuk mencari materi yang berkait dengan
struktur, ciri-ciri, dan kaidah kebahasaan dalam teks cerita pendek dari
berbagai sumber.
2) Siswa
bersama kelompoknya mencari materi yang berkait dengan makna kata, ungkapan,
dan istilah dalam teks cerpen dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
1)Siswa
bersama kelompoknya mendiskusikan tentang struktur ,
ciri-ciri, dan kaidah teks cerita pendek
2) Siswa
bersama kelompoknya menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah
teks cerita pendek
Mengomunikasikan
1) Siswa
bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya berkait dengan
struktur, ciri-ciri, kaidah teks cerita pendek
2) Siswa lain
yang tidak presentasi memberikan tanggapan.
3) Siswa
diminta untuk menginterpretasikan makna dalam teks cerita pendek baik secara
lisan maupun tulisan.
|
Pemahaman:
Teknik:
Tes Tertulis
Instrumen:
Tes Pilihan ganda dan Uraian (terlampir)
Keterampilan:
Teknik: Tes
Tertulis
Intrumen:
Proyek (terlampir)
|
8 JP
|
· Buku Pegangan
Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI.
· Internet
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik
secara lisan maupun tulisan.
|
||||||
3.2
Membandingkan teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan
|
3.2.1Menentukan struktur teks cerpen dengan
teks cerita pendek lainnya
3.2.2 Menentukan pokok-pokok pembeda kaidah teks
cerita pendek dengan teks lainnya.
3.2.3Membandingkan struktur dan kaidah
dua teks
yang sejenis atau tidak sejenis
4.2.1 Menentukan topik teks cerita
pendek
4.2.2 Merumuskan bagian-bagian teks
cerita pendek
4.2.3 Merangkai bagian-bagian teks
secara runtut, logis, sistematis sesuai kaidah yang baik dan benar
|
· Teks cerita
pendek
· Teknik
penulisan teks cerita pendek
|
Mengamati
1) Siswa
membaca dua buah teks cerpen
2)
Siswa mencermati uraian yang berkaitan
dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks cerpen yang dibaca.
Menanya
1) Siswa
bertanya tentang hal-al yang berkait dengan pokok-pokok pembeda dalam teks
cerpen
2) Siswa
menanyakan hal-hal yang berkait dengan isi bacaan
Mengumpulkan
Informasi
1) Siswa
dibentuk kelompok 4-5 orang untuk mencari informasi yang berkaitan dengan
unsur-unsur pembeda teks cerpen dari berbagai sumber
Mengasosiasi
1) Siswa
bersama kelompoknya mendiskusikan tentang persamaan dan perbedaan dua buah
teks cerpen yang telah dibaca.
2) Siswa
bersama kelompoknya menyimpulkan hal-hal terpenting yang berkait dengan
persamaan dan pewrbedaan dari hasil temuannya.
Mengkomunikasikan
1) Siswa
bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
2) Siswa lain
yang tidak presentasi memberikan tanggapan
3) Siswa
diminta untuk memproduksi teks cerpen yang koheren sesuai dengan struktur dan
kaidah teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan.
|
Pemahaman:
Teknik: Tes
Tertulis
Intrumen: Tes
pilihan ganda (terlampir)
Keterampilan:
Teknik: Tes
Tertulis
Instrumen:
Proyek (terlampir)
|
8 JP
|
· Buku Pegangan
Bahasa Indonesia siswa kelas XI
· Internet
|
4.2
Memproduksi teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan
maupun tulisan
|
||||||
3.3
Menganalisis teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan
|
3.3.1 Menelaah
isi teks cerita pendek
3.3.2
Mendeteksi kebenaran struktur teks cerita pendek
3.3.3
Menganalisis penggunaan kaidah kebahasaan teks cerita pendek
4.3.1
Menyunting aspek bahasa: ejaan, pilihan kata, dan bait dalam teks cerita
pendek
4.3.2
Menyunting isi : kebenaran konsep dan kelengkapan materi dalam teks cerita
pendek
4.3.3Menyunting
struktur dan kaidah teks
|
· Struktur teks
cerpen
· Kaidah Kebahasaan teks cerpen
· Teks cerita
pendek
· Langkah
menganalisis cerpen
· Langkah
menyunting teks cerita pendek
|
Mengamati
1) Siswa
membaca teks cerpen
2) Siswa
mengamati struktur dan kaidah teks cerpen
Menanya
1) Siswa
menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kebenaran isi teks cerpen
2) Siswa
menanyakan hal-hal yang berkait dengan menganalisis dan menyunting teks
cerpen
Mengumpulkan
Informasi
1) Siswa
dibentuk kelompok 4-5 orang diminta
untuk mencari informasi berkait dengan cara analisis isi teks cerpen
2)Siswa
bersama kelompoknya mencari informasi berkait dengan penyuntingan teks cerpen
Mengasosiasi
1) Siswa
bersama kelompoknya mendiskusikan hal-hal yang berkait dengan analisis teks
cerpen dan penyuntingan teks cerpen
2) Siswa
bersama kelompoknya menyimpulkan hasil diskusinya yang berkait dengan
analisis dan penyuntingan teks cerpen
Mengomunikasikan
1) Siswa
bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
2) Siswa lain
yang tidak presentasi memberikan tanggapan.
3) Siswa
diminta untuk menyunting teks cerpen sesuai dengan kaidah dan struktur teks
cerpen baik secara lisan maupun tulisan
|
Pemahaman:
Teknik: Tes
Tertulis
Instrumen:
uraian (terlampir)
Keterampilan:
Teknik: Tes
Tertulis
Instrument:
Proyek (terlampir)
|
8JP
|
·
Buku Pegangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI
·
Internet
|
4.3 Menyunting
teks cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, an film atau drama baik secara lisan maupun
tulisan
|
||||||
3.4
Mengevaluasi teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan.
|
3.4.1 Menilai
isi teks cerita pendek
3.4.2 Menilai
kesesuaian struktur teks cerita pendek
3.4.3 Menilai
kesesuaian kaidah teks cerita pendek
4.4.1
Menentukan pokok-pokok teks cerita pendek
4.4.2 Menyusun
pokok-pokok teks menjadi paragraf dalam cerita pendek
4.5.1Menentukan
topik teks cerita pendek
4.5.2 Menyusun
bagian-bagian teks cerita pendek
4.5.3 Menyusun
rangkaian teks menjadi bait-bait pantun yang utuh dan padu
|
· Teks cerita
pendek
· Abstraksi
cerita pendek
· Evaluasi
struktur isi dan kaidah kebahasaan teks cerita pendek
· Langkah-langkah
mengonversi teks cerita pendek menjadi teks puisi.
|
Mengamati
1) Siswa
membaca teks cerpen
2) Siswa mencermati
struktur dan kaidah teks cerpen
Menanya
1) Siswa
menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pokok-pokok teks cerpen
2) Siswa
menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara mengabstraksi dan mengonversi
teks cerpen
Mengumpulkan
Informasi
1) Siswa
dibentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang diminta untuk mencari informasi
yang berkait dengan penulisan teks cerpen dengan struktur dan kaidah yang
benar dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
1) Siswa
bersama kelompoknya berdiskusi tentang kaidah penulisan teks cerpen
2) Siswa
bersama kelompoknya menyimpulkan hasil diskusinya yang berkait dengan kaidah
penulisan teks cerpen
Mengomunikasikan
1) Siswa
bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
2) Siswa lain
yang tidak presentasi memberikan tanggapan.
3) Siswa
diminta untuk engabstraksi teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan
4) Siswa
diminta untuk mengonversi teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan
|
Pemahaman:
Teknik: Tes tertulis
Instrumen:
uraian (terlampir)
Keterampilan:
Teknik: tes tertulis
Instrumen: Proyek (terlampir)
|
8 JP
|
· Buku Pegangan
Bahasa Indonesia siswa kelas XI
· Internet
|
4.4
Mengabstraksi teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan
maupun tulisan.
|
||||||
4.5
Mengonversi teks cerita pendek,
pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama baik secara lisan
maupun tulisan.
|
No comments:
Post a Comment