STRUKTUR
MODUL PEMBELAJARAN
(Judul
Modul Menggunakan judul KD
Misalnya:
Memahami dan Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi)
I.
Bagian Awal
A.
Halaman Sampul
B.
Prakata
C.
Daftar Isi
II. Bagian Isi
A.
Pendahuluan
1.
Deskripsi
(merupakan penjelasan singkat
tentang nama dan ruang lingkup isi modul, kaitan modul dengan modul lainnya,
dan hasil belajar yang akan dicapai setelah menguasai modul)
2.
Prasyarat
(menjelaskan kemampuan awal yang
dipersyaratkan untuk mempelajari modul, baik berdasarkan bukti penguasaan modul
lain maupun dengan menyebut kemampuan spesifik yang diperlukan)
3.
Petunjuk (bagian yang
memuat panduan tatacara penggunaan
modul, baik panduan bagi peserta didik maupun bagi guru. Penjelasan
bagi peserta
didik antara lain mencakupi langkah-langkah belajar yang ditempuh, perlengkapan yang harus dipersiapkan, dan hasil pelatihan)
4. KD dan Indikator
(KD dan Indikator hasil belajar merupakan indikator yang diharapkan dikuasai oleh
peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan belajar. Indikator yang
diharapkan tersebut harus memenuhi syarat kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh guru atau sekolah.
Pada bagian ini KKM ditetapkan)
B. Kegiatan Pembelajaran
(Kegiatan belajar merupakan serangkaian pengalaman belajar yang
diorganisasikan dalam satu satuan aktivitas belajar dalam rangka mempermudah
siswa menguasai kompetensi yang dipelajari dalam satu modul. Bagian ini dapat terbagi menjadi beberapa kegiatan
pembelajaran, bergantung kepada lingkup SK atau KD yang ada. Disarankan satu modul minimal terdiri atas dua kegiatan belajar. Dalam konteks penyusunan modul untuk tugas ini, diharapkan
satu KD minimal menjadi satu kegiatan pembelajaran)
1. Kegiatan
Pembelajaran 1
a. Tujuan
Pembelajaran
(Tujuan kegiatan pembelajaran memuat kemampuan yang harus dikuasai
untuk mencapai suatu kompetensi setelah mengikuti satu satuan kegiatan belajar)
b. Materi
(Uraian materi berisi sejumlah pengetahuan yang dibutuhkan untuk
membentuk penguasaan kemampuan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran)
c. Rangkuman
(Rangkuman berisi sejumlah pengetahuan yang esensial yang terdapat
pada uraian materi)
d. Tugas
(Tugas atau pelatihan berisi instruksi untuk siswa yang dapat meliputi kegiatan observasi untuk mengenal fakta, menyusun tugas tambahan pembelajaran, dan melakukan diskusi bersama teman belajar
untuk mendalami materi)
e. Tes Formatif
(Tes formatif berisi tes tertulis sebagai bahan pertimbangan bagi
peserta dan guru untuk mengetahui sejauh mana penguasaan kegiatan belajar yang
telah dicapai sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan berikutnya)
f.
Refleksi
(Berisi pengecekan (koreksi mandiri) hasil tes formatif
dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia pada bagian akhir modul (Kunci
Jawaban) dan petunjuk bagaimana cara menilai. Apabila telah mencapai KKM
disarankan untuk melanjutkan ke kegiatan belajar berikutnya atau nke modul
berikutnya. Apabila belum mencapai KKM disarankan untuk mengulangi kegiatan
belajar sebagai bentuk pembelajaran remedial)
2. Kegiatan
Pembelajaran 1
a. Tujuan
Pembelajaran
b. Materi
c. Rangkuman
d. Tugas
e. Tes Formatif
f.
Repleksi
3. Dst.
C. Evaluasi
a. Tes Sumatif
(Bagian ini berisi evaluasi akhir belajar peserta didik setelah
menyelesaikan satu modul. Evaluasi akhir hendaknya meliputi penguasaan
pengetahuan, keterampilan, dan sikap
dengan menggunakan instrumen evaluasi yang sesuai)
b. Kunci Jawaban
(Pada bagian ini juga disertakan kunci jawaban untuk semua
penilaian, baik tes formatif maupun tes sumatif, untuk mengukur pengetahuan,
keterampilan, dan Sikap).
III. Bagian Akhir
A. Daftar Pustaka
(Berisi semua pustaka yang dirujuk pada bagian isi modul.
Daftar pustaka ditulis menggunakan system alfabetis sesuai dengan ketentuan
penulisan daftar pustaka)
B. Glosarium
(Glosarium adalah
kumpulan istilah yang digunakan pada modul yang disajikan secara alfabetikal
yang di lengkapi dengan definisi dan artinya)
No comments:
Post a Comment