1/27/2016

STRUKTUR MODEL PEMBELAJARAN


STRUKTUR MODUL PEMBELAJARAN
(Judul Modul Menggunakan judul KD
Misalnya: Memahami dan Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi)

I.        Bagian Awal
A.      Halaman Sampul
B.      Prakata
C.      Daftar Isi

II.      Bagian Isi
A.      Pendahuluan
1.       Deskripsi (merupakan penjelasan singkat tentang nama dan ruang lingkup isi modul, kaitan modul dengan modul lainnya, dan hasil belajar yang akan dicapai setelah menguasai modul)
2.       Prasyarat (menjelaskan kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul, baik berdasarkan bukti penguasaan modul lain maupun dengan menyebut kemampuan spesifik yang diperlukan)
3.       Petunjuk (bagian yang memuat panduan tatacara penggunaan modul, baik panduan bagi peserta didik maupun bagi guru. Penjelasan bagi peserta didik antara lain mencakupi langkah-langkah belajar yang ditempuh, perlengkapan yang harus dipersiapkan, dan hasil pelatihan)
4.       KD dan Indikator (KD dan Indikator hasil belajar merupakan indikator yang diharapkan dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan belajar. Indikator yang diharapkan tersebut harus memenuhi syarat kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh guru atau sekolah. Pada bagian ini KKM ditetapkan)

B.      Kegiatan Pembelajaran
(Kegiatan belajar merupakan serangkaian pengalaman belajar yang diorganisasikan dalam satu satuan aktivitas belajar dalam rangka mempermudah siswa menguasai kompetensi yang dipelajari dalam satu modul. Bagian ini dapat terbagi menjadi beberapa kegiatan pembelajaran, bergantung kepada lingkup SK atau KD yang ada. Disarankan satu modul minimal terdiri atas dua kegiatan belajar. Dalam konteks penyusunan modul untuk tugas ini, diharapkan satu KD minimal menjadi satu kegiatan pembelajaran)

1.       Kegiatan Pembelajaran 1
a.       Tujuan Pembelajaran
(Tujuan kegiatan pembelajaran memuat kemampuan yang harus dikuasai untuk mencapai suatu kompetensi setelah mengikuti satu satuan kegiatan belajar)
b.      Materi
(Uraian materi berisi sejumlah pengetahuan yang dibutuhkan untuk membentuk penguasaan kemampuan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran)
c.       Rangkuman
(Rangkuman berisi sejumlah pengetahuan yang esensial yang terdapat pada uraian materi)
d.      Tugas
(Tugas atau pelatihan berisi instruksi untuk siswa yang dapat meliputi kegiatan observasi untuk mengenal fakta, menyusun tugas tambahan pembelajaran, dan melakukan diskusi bersama teman belajar untuk mendalami materi)
e.      Tes Formatif
(Tes formatif berisi tes tertulis sebagai bahan pertimbangan bagi peserta dan guru untuk mengetahui sejauh mana penguasaan kegiatan belajar yang telah dicapai sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan berikutnya)
f.        Refleksi
(Berisi pengecekan (koreksi mandiri) hasil tes formatif dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia pada bagian akhir modul (Kunci Jawaban) dan petunjuk bagaimana cara menilai. Apabila telah mencapai KKM disarankan untuk melanjutkan ke kegiatan belajar berikutnya atau nke modul berikutnya. Apabila belum mencapai KKM disarankan untuk mengulangi kegiatan belajar sebagai bentuk pembelajaran remedial) 

2.       Kegiatan Pembelajaran 1
a.       Tujuan Pembelajaran
b.      Materi
c.       Rangkuman
d.      Tugas
e.      Tes Formatif
f.        Repleksi
3.       Dst.

C.      Evaluasi
a.       Tes Sumatif
(Bagian ini berisi evaluasi akhir belajar peserta didik setelah menyelesaikan satu modul. Evaluasi akhir hendaknya meliputi penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan menggunakan instrumen evaluasi yang sesuai)

b.      Kunci Jawaban
(Pada bagian ini juga disertakan kunci jawaban untuk semua penilaian, baik tes formatif maupun tes sumatif, untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan Sikap).

III.    Bagian Akhir
A.      Daftar Pustaka
(Berisi semua pustaka yang dirujuk pada bagian isi modul. Daftar pustaka ditulis menggunakan system alfabetis sesuai dengan ketentuan penulisan daftar pustaka)
B.      Glosarium
(Glosarium adalah kumpulan istilah yang digunakan pada modul yang disajikan secara alfabetikal yang di lengkapi dengan definisi dan artinya)

No comments:

Post a Comment